Sosialisasi Panduan PUKTI dan ADMISI Tahun 2024

Sosialisasi Panduan Kegiatan PUKTI dan ADMISI Tahun 2024

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Politeknik Negeri Indramayu melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) berupaya peningkatan dalam hal kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu upaya dalam peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah melalui kegiatan sosialisasi panduan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat internal di lingkungan Politeknik Negeri Indramayu. Sosialisasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan sumber pendanaan internal diadakan pada Kamis, 11 Januari 2024 pukul 09.00-12.00 bertempat di Auditorium lantai 7 Gedung Student Centre Politeknik Negeri Indramayu. Kegiatan penelitian dan pengabdian internal tahun 2024 telah mengalami transformasi. 

Adapun kegiatan penelitian internal di Politeknik Negeri Indramayu disebut dengan PUKTI (Penelitian Produk Unggulan KBK Terindeks) dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat internal disebut dengan ADMISI (Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vokasi). Kegiatan PUKTI dibagi menjadi 2 skema yaitu PUKTI JIP (Jurnal Internasional Bereputasi/Paten) dan PUKTI SIPASTI. Sedangkan kegiatan ADMISI memiliki 1 skema saja yang berfokus pada pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Dalam kegiatan sosialisasi ini, Rofan Aziz, S.T., M.T. selaku Direktur Politeknik Negeri Indramayu menyampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan PUKTI dan ADMISI diharapkan mampu meningkatkan kualitas proposal serta dapat meningkatkan luaran kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terekognisi internasional serta diterapkan masyarakat.

Kegiatan penelitian PUKTI dilaksanakan sesuai dengan KBK (Kelompok Bidang Keahlian) yang ada pada Politeknik Negeri Indramayu. Jumlah KBK keseluruhan adalah 11 KBK yang menaungi dosen di Politeknik Negeri Indramayu.  

Direktur juga berpesan kepada seluruh dosen Politeknik Negeri Indramayu untuk selalu mengupayakan peningkatan kualitas luaran penelitian dan pengabdian, baik melalui artikel ilmiah (jurnal dan prosiding) serta kekayaan intelektual (paten, paten sederhana, desain industri, hak cipta dan lainnya). Kegiatan sosialisasi panduan kegiatan PUKTI dan ADMISI ini disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Mohammad Yani, S.T., M.T., M.Sc. Pada kegiatan sosialisasi ini juga disampaikan tentang proses menarik ID Garuda (Garba Rujukan Digital) serta pengisian komponen penilaian pada SINTA (Science and Technology Index).

(isa)